Jumat, 14 Agustus 2015

Nyari Baju Resepsi Yang Cocok Itu Lebih Sulit Dari Nyari Calon Suami :( : Part 1


Hai Hai,
Balik lagi bahas masalah wedding aku dan Umme. Kali ini kita bahas tentang pencarian baju untuk resepsi kami. FYI kami mengadakan 2 kali resepsi pernikahan, pertama resepsi barengan akad nikah di Jakarta , tetek bengek pengurusan acara di Jakarta ini lebih banyak diserahkan ke keluarga Umme, ibaratnya ini Big Daynya mereka. Nah resepsi kedua tanggal 26 November 2015 di rumahku di Batusangkar, disini lah aku bisa komplain ini itu, nyari pilihan yang aku mau karena ini adalah resepsi untuk pihak keluargaku. Back to topik kita bahas satu per satu proses pencarian baju untuk resepsi ini untuk 2 tempat resepsi.

1. Kostum Resepsi Di Jakarta

Acara di Jakarta ini karena sebagian besar keluarga Umme yang urus jadi aku cuma bisa pasrah. Untuk acara di Jakarta ini keluarga Umme udah memasrahkan ke satu WO yaitu junjung sirih. Memang sih di forum weddingku atau kalau mau blog walking ga ada banyak review tentang WO ini. Mama Umme kekeuh make ini WO karena menurutnya ini cateringnya rasanya Minang banget dan porsi makanannya bakal melimpah, trus diiming2i diberi bonus lapau / warung makanan khas padang, lah jadi bahas catering. Back to kostum, nah WO ini juga udah nanganin all in resepsi kami diluar gedung, souvenir, seragam, undangan. Pertama kali berkunjung ke rumah ownernya yaitu Mbak Asha aku berdua mama Umme aja. Pas liat stok baju resepsi adat padangnya rada sedikit kecewa sih. WO ini cuma punya sekitar 8 kostum aja untuk baju kurung buat resepsi khas padang, awalnya aku tertarik pengen sunting padang dikombinasiin pake kebaya modern, semacam gini :
Aaaaaaa mupeng banget :(


Kece kan? Minangnya ga ilang, tapi tetep cantik dan elegaan

Tapi apalah daya ga bisa minta banyak, malah waktu itu dibilangin kalau pakai yang tradisional minang aja jangan yang kebayaan. Akhirnya nyoba 2 baju yang emmmmmmm :(
Ini enggak bangeeeeeet, kedodoran dan bahannya satin yang maaf terkesan agak gimanaaa


Ini yanga awal diputusin, karena ini yang paling mendingan.
Setelah berfoto dan memutuskan make yang item, aku kasih liat fotonya ke Umme, eh ndilalah doi ga setuju dengan warna hitam yang dia bilang kusam. Akhirnya kita ke junjung sirih lagi berdua, aku ngerengek tetep mau nyoba kebaya yang mungkin agak lumayan mendingan walaupun kalau mau dibandingin sama Djus Masri, Gadih Ranti, apalagi Elly Kasim kemana mana :(. Awalnya nyoba baju ungu seperti di bawah ini, katanya ini belum finishing payetnya its mean ini baju perdana, ini jauh lebih mendingan dari baju tradisional yang awalnya aku coba. Rencananya bakal di kombine sama suntiang dan songket silver nanti. Jadi nanti temanya ungu silver. Eh pas kebayanya di aku udah cocok, pas si Umme nyoba kostum cowonya awalnya dia bilang oke oke aja, eeeeeh pas udah liat fotonya di hape aku, dia langsung bilang kok aku kayak Syaiful Jamil tinggal nyanyi dangdut doank. Lah ane mana tega yaaa, aku nanti cantik-cantik terus suami anee make baju yang kayak Syaiful Jamil ini, awalnya dia ga mau ganti lagi karena ga enak kita berdua udah acak-acak koleksi busana mbak Asha. Sampai asisten Mbak Asha udah kerepotan ngeberesin baju-baju yang kita coba dan ga ada yang cocok.


Baju kebaya ungu yang paling mendingan.

Syaiful "Umme"


Berbekal kesotoyan aku, waktu kita datang Mbak Asha sedang packing baju buat sebuah pesta. Pandanganku tertuju pada baju kebaya ijo yang udah di streples rapih, aku liat beskap cowoknya mendinganlah daripada baju Syaiful Jamil. Aku colek-colek Umme, katanya sih iya mendingan Ijo, cuma kan ga enak acak-acak kebaya Mbak Asha lagi, secara kita udah fix in si ungu. Tapi batinku masih ga enak. Berbekal muka tebalku, aku bongkar aja tuh tanpa minta ijin itu kebaya ijo yang udah di packing rapih. Umme langsung syok dan malu banget, aku sebenernya juga malu, tapi masa bodoh aja. Orang udah keluar duit banyak, wajar donk kita nyoba-nyoba dan nyari yang cocok. Akhirnya kita putuskan untuk resepsi jakarta makai suntiang emas dengan kebaya ijo dan Umme make beskap ijo dengan saluak dan songket selutut warna emas. Semoga better lah, aku ga berharap bagus banget kayak Gadih Ranti, setidaknya cukup ga norak. Ini Hasil fittingnya. 



Ditambahin kain songket samping sama saluak emas, better lah ya?



Foto satu-satunya yang ngeblur, lumayan suka sama payetnya, semoga nanti tampak cantik.







Tapi ada positifnya juga si Umme nyoba baju Syaiful Jamilnya,dia bilang mukanya keliatan item, pake baju ungu aaaaah sumpah dangdut banget. Berkat kesadaran itu, si Umme minta beliin krim wajah biar nanti tampak lebih cling. hahahaaa.

2. Kostum Resepsi di Batusangkar

Nah karena ini adalah acara yang handle keluarga aku, maka aku punya hak penuh buat protes dan milih ini itu. Awalnya mama mempercayakan kostum tenda dan pelaminan pada Molly Pelaminan, katanya itu tempat yang selalu dipake tetangga, saudara aku yang nikah. Awalnya pas mudik kemaren aku kesana belum dikasih contoh pelaminan dan baju mereka, jadinya aku belum dapat gambaran. Eh pas nyampe di Bekasi dikirimin sama si Bapak foto baju mereka via BB, dan aku syok. 

Aku ga kuasa liat bajunyaaaa :(((
Huaaaaa, aku ga mau pernikahan sekali seumur hidup ini aku ga make kostum yang bener-bener aku suka. Akhirnya aku serching sana-sini tentang Sanggar Pengantin daerah Sumatera Barat yang bagus, ga norak , dan elegan. Akhirnya ketemulah Mitra Pelaminan Padang Panjang. Dari FB aku liat foto koleksi baju-bajunya aku langsung jatuh hati, selain itu dekor tendanyapun bagus, ga asal nabrakin warna kayak Molly Pelaminan. Aku langsung komunikasi sama uni aku yang ada di Padang untuk langsung datang ke Sanggar Mitra Pelaminan. Sejauh ini aku sukaaaaaa banget, baju tradisionalnya berbahan beludru dengan warna merah elegan, terkesan mahal dengan sulaman benang emasnya asli. Dan bahagianya setelah komunikasi ke mama, mama papa alhamdulillah juga setuju,yeaaaay. Untuk resepsi Batusangkar sebenarnya aku ingin pakai 2 kostum, satunya minang banget / tradisional dan satunya modern Minang. Aku udah jatuh hati nih sama baju modern Mitra Pengantin, aaaaah cantik banget. Tapi kayaknya ga jadi make ini berhubung harga sewanya mahal, dan ini cuma bakal dipake sebentar di sesi sore.
Elegan banget, si ibu ga segan ngeluarin budget mahal buat beludru full dan sulaman penuh gini.

Ini nih baju Minang modern yang bikin jatuh cinta
 Akhirnya aku mutusin buat make 2 busana tradisional yaitu merah dan hitam. Tapi masih bisa berubah sih pilihannya, sebelum resepsi nanti aku akan langsung ke sanggarnya buat milih bajunya. Kata uni sih mereka punya banyak banget koleksi baju yang ga di publish di FB. Penasaraaaaan. 

Ini Baju yang bakal jadi pilihanku.
Tuh liat sulaman emasnya, mantep kan? beludrunya juga bagus banget terkesan mewah. Awalnya aku suka ini buat warna merah, tapi umme lebih suka yang dibawah.

Kandidat Baju Pertama, suka desainnya.



Kandidat kedua, untuk resepsi sore. Hitamnya ga bulukan, sekali lagi jatuh cinta sama sulamannya.



Terlepas dari kontroversi baju Jakarta di wedding preparation ini aku belajar banget. Ga mesti semua yang kita mau harus dipaksakan, kita harus menghargai pendapat orang lain terutama orang yang bakal jadi orang tua kedua kita. Dan sedihku terobati karena dapetin baju di Mitra Pelaminan untuk resepsi Batusangkar. Setidaknya ada baju yang bener-bener aku suka. Yeee kabar baiknya orang Mitra Pelaminan udah kerumah buat ngukur tenda dan pelaminan. Nantinya di Mitra Pelaminan aku ambil paket pelaminan, baju, rias, dekor catering dan dekor kamar pengantin.

See You di next post. 








1 komentar: