Minggu, 23 Agustus 2015

Kebaya Akad : Ladies Tailor Cinere

Hai hai, lama ga nongol.
Semingguan kemaren ga tau sibuk kenapa, lagi PMS iya, mood nulis ikut-ikutan berantakan. Okey kita kali ini bakal bahas tentang kostum akad nikah.

Sebenarnya dari pihak WO yang kita pakai sudah menyediakan kostum akad nikah. Namun aku kekeuh bakal jahit kebaya akad sendiri. setelah baca satu alasan yang "unik". Kalau kita punya kebaya akad nikah nanti, amit-amit kalo nanti bertengkar hebat sama suami, pakai aja tuh kebaya akad, memorinya bisa menenangkan suasana katanya, hahaha. Berbekal alasan "unik" itu aku memutuskan buat jahit kebaya akad, disamping alasan lain aku udah sensi sama baju-baju yang WO ku punya. BTW nanti deh aku ceritain, cerita kebaya resepsiku sebelumnya yang udah ketok palu bakal berubah http://mrsrummedio.blogspot.com/2015/08/nyari-baju-resepsi-yang-cocok-itu-lebih.html hahaha "devil". Next aku cerita yaaaa

Back to topik, dengan alasan itu akhirnya aku ke tanah abang dengan planner wedding sejatiku, Isa Trisyasuma. Mulailah berkeliling nyari bahan brokat yang awalnya maunya broken white. Tipikal yang aku cari bahan dengan motif penuh dan menonjol, aku ga mau payetan full jadi kalau bordiran udah menonjol bakal sangat membantu. Beberapa toko yang disinggahi belum nemu tuh toko yang jual bahan full motif alias ga banyak bagian kosongnya. Jatuh cinta juga dengan kebaya brokat perancis, and you know lah harganya ga boong sama sekali, lupa persisnya berapa kalau ga salah nyari 800rb/meter. Setelah perputaran panjang nemu bahan borkat yang full motif, motifnya pun timbul, dan kalau terkena cahaya motifnya mengkilat gitu,bagus deh apalagi kalau nanti dikasih sedikit payet.

Aku udah ga mau keliling ke toko lain lagi, meski wedding planner sejatiku masih semangat 45, aku memutuskan buat motong tuh bahan. Karena aku ga mau kebaya panjang yang berbuntut nyapu lantai (sayang aja kebaya putih gitu dan cuma dipake 2 jam trus dipake nyapu lantai), akhirnya aku memutuskan buat beli bahan 2,5 meter saja (cukup buat kebaya sebetis). Harga per meternya cukup kejangkau Rp. 125.000,- / meter. Bungkuuuuuuus.
Tapi, jengjeng pas sampai di rumah ngeliat warnanya ternyata putih cling bukan broken white,pasti karena lampu tokonya yang ikut-ikut broken white,  tapi udah terlanjur jatuh hati sih sama motifnya. 


Bahan Kebaya Akad


Kebaya akad sudah di tangan, sekarang saatnya mencari penjahit. Nah wedding planner aku tuh hobi banget ngejahit baju, dia punya penjahit recomended, orang sekampungnya sih, kata Isa si penjait ini sering dapet pesanan buat ngejahit baju dari desaigner gitu, jadi baju-bajunya sering naik catwalk. Dan si penjait ini namanya tante Nengsih , dia sama suaminya ternyata pernah bekerja di rumah desaigner kondang gitu, kalau Isa ga salah nama Oscar Lawalata kayaknyaa . Nah berbekal itu aku langsung setuju jahit disana di tempat jahit si Tante kawasan Cinere. Hari senin tanggal 17 Agustus kami berangkat bertiga kesana bersama anggota teletubies satu lagi si Ninit, mereka juga mau jahit seragam buat acara aku disana.

Setelah perjuangan panjang dari Tanah abang (makan doank kesini), terus naik bis ke blok M, sampai di terminal blok M naik bis ke Cinere, kemudian naik angkot lagi dengan macet dan panas naudzubillaaaah. Jeng-jeng si Tante Nengsih tutup, padahal waktu isa confirm katanya buka tanggal tersebut. Lemaslah kami bertiga, kami memutuskan ngadem di mall Cinere dulu sambil minum Chatime. Sebenarnya karena kasian si Tante menyarankan kami ke rumahnya di daerah sawangan depok, tapi aku sama Umme sudah punya schedule lain. Akhirnya aku putuskan minggu depan kita ke rumah Tante Nengsih lagi, karena si Tante tutup hari minggu.

Minggunya berangkat jam 6.30 subuh dari bekasi, akhirnya jam 10 sampai depok (lap keringat). Kita kerumah si Tante Nengsih naik angkot 3 kali dari kost Isa. Sampailah di rumah tante Nengsih yang sunyi senyap semacam lagi pulang kampung.

Sitante mulai nanyain aku kepengen kebaya kayak gimana, nah ini foto yang aku liatin sebagai panduan bahan kebaya aku.


Model bawahnya begini, melengkung kata si Tante namanya model pinguin.

Model lengan samping plus belakangnya pakai tile kosong dengan model begini



Ini model buat bagian dada dan lehernya, bedanya lehernya aku buat tertutup sampai atas
Nah kata si Isa, kelebihan tante Nengsih ini di teknik ngegunting dan kalau kita kasih foto si Tante bakal bikin sama persis sama yang di foto. Untuk payetnya aku milih warna broken white buat ngeakalin kebaya aku yang putih cling, pas dicocokin payetnya emang kalau dikasih brOken white jadi muncul banget motifnya. Setelah itung-itungan harga, ini nih yang bikin senang si tante cuma matok harga Rp. 300.000, - buat jahit kebaya model apapun, karena aku ga full payet (cuma bagia leher, dada, tangan, punggung, dan bawah) maka si tante bilang harga payet tergantung jenis payetnya, untuk payet standart harganya cuma Rp.300.000, -, kalau payet bagus yang clingcling harganya Rp. 700.000, - .Jadi total aku sekitar 1 jutaan, yeeeeee. Seneng banget budget kebaya aku di pangkas. Semoga hasilnya bagus yaaah. 

Nah buat Umme, awalnya kan doi berencana pakai beskap bupati di postingan sebelumnya, nah akhirnya doi memutuskan pakai jas. Aku ga tau sih bentuk dan bahannya gimana. Semoga juga jasnya bagus dan pas buat si ganteng.

See yaaa :)

3 komentar:

  1. Halo mba Yohana, salam kenal.
    Mau tanya untuk alamat dan no telp penjahit yg di cinere donk mba?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Mba, ada alamat dan kontak Ibu Nengsih yang bisa dihubungi kah? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Jahit kebaya di PagiPagi.. workshopnya di Bintaro. Contact 082211501500

    BalasHapus